Pages

Senin, 23 April 2012

Suzuki Ertiga bakalan salip Avanza dan Xenia




|



Dilihat : 1,102 kali

Jakarta,  - Ertiga sepertinya jadi tulang punggung baru bagi Suzuki. Bahkan pabrikan berlambang "S" itu pun berambisi jadi produsen nomor satu di Indonesia mengalahkan Toyota dan Daihatsu.



Hal itu ditegaskan Representative Director and Executive Vice President Suzuki Motor Corp. Toshihiro Suzuki. Telah puluhan tahun hadir di Indonesia mulai dari sebagai produsen mesin tenun hingga akhirnya jadi produsen otomotif roda dua dan roda empat, ia yakin nantinya Suzuki akan jadi nomor satu. "Kami harapkan untuk bisa jadi nomor satu di market share Indonesia. Kompetitornya memang besar, makanya kami punya strategi-startegi baru," ucap Suzuki.
Suzuki mengakui Suzuki Ertiga bakalan salip Avanza dan Xenia, maupun Nissan Livina memang memiliki volume penjualan yang sangat kuat. "Tapi kita akan jadi yang nomor satu, memang tidak akan langsung tapi kita capai satu persatu misalnya pertama jadi yang nomor satu dari sisi fitur, nomor satu dari sisi kualitas, dan sebagainya," tegas Suzuki.
Sementara itu Sales Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan mengungkapkan, demi bersaing dengan kompetitor, maka Suzuki Ertiga harus memiliki harga yang kompetitif bukan cuma di Jabodetabek tapi diseluruh Nusantara.
"Kita tetapkan kebijakan baru jika harga Suzuki Ertiga merupakan harga dari SIS plus biaya kirim, asuransi, dan pajak sesuai daerah masing-masing. Jadi harga didaerah tidak kita lepaskan ke masing-masing dealer tapi merupakan harga yang kita tetapkan dari pusat," tutup Davy.

Teks/Foto : www
 

Minggu, 22 April 2012

Suzuki Siapkan Ertiga Matik

Kehadiran Suzuki Ertiga memang akan langsung berhadapan dengan ToyotaAll New AvanzaDaihatsu All New Xenia, serta Nissan Livina. Tapi sayangnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) cuma menghadirkan Ertiga dengan versi transmisi manual.
Padahal ketiga pesaingnya punya pilihan transmisi manual serta otomatik. Lalu apa alasan SIS membuat Ertiga tanpa transmisi matik? "Saat ini kami memang hanya menghadirkan versi transmisi manual, karena setelah melalui riset kami, di pasar low MPV, untuk tipe transmisi matik juga memenuhi 10 persen dari total penjualan sejak segmen ini terbentuk di 2004," ucap Marketing Director SIS Endro Nugroho.

Ia melanjutkan, baik AvanzaXenia, maupun Livina memang tersedia dalam transmisi manual serta matik. Tapi pada riset yang telah dilakukan Suzuki, ketiganya hanya membukukan penjualan tipe transmisi matik rata-rata 10 persen. "Jadi saat ini memang baru kami perkenalkan yang transmisi manual, tapi seiring respon pasar kalau memang ada tuntutan versi matiknya akan kita perkenalkan juga," katanya.

Namun Endro tidak mau menyebutkan kapan Suzuki Ertiga versi matik ini akan diperkenalkan. Meskipun demikian, SIS yakin Suzuki Ertiga akan berhasil terjual 50.000 unit per tahun atau 4.200 unit tiap bulannya.
Teks/Foto : www

Suzuki Ertiga Resmi Mengaspal di Indonesia


Setelah banyak ditunggu-tunggu, akhirmya PT Suzuki Indomobil Motor resmi meluncurkan new produk dari keluarga MPV-nya, Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga yang banyak menjadi bahan pembicaraan resmi hadir dengan tiga varian model, GA, GL dan GX. Sedangkan harga, Ertiga yang memiliki platform dari Suzuki Swift ini dibandrol dengan cukup kompetitif. Untuk varian GA sebesar Rp 143 juta, GL Rp 153 sedangkan GX yang merupakan varian tertingginya dibandrol sebesar Rp. 165jt juta.

Bicara soal desain, Suzuki Ertiga memiliki tampilan yang cukup menjadi modal untuk melawan para kompetitornya dengan mengusung tema modern dan stylish. Kabin pun mengambarkan sebuah kendaraan yang nyaman, dan fungsionalitas.

Mengusung mesin K14B DOHC-VVT 4 in-line berkapasitas 1.373 cc, dan dikolaborasikan dengan transmisi manual  5 percepatan, Suzuki Ertiga diklaim mampu mengantarkan daya sebesar 70kW pada 6.000 Rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 Rpm.

Di kelasnya, Suzuki Ertiga akan bersaing keras melawan rival yang telah lebih dulu hadir layaknya, Toyoa Avanza dan Daihatsu Xenia.

Teks/foto: *www

Rabu, 18 April 2012

Suzuki Ertiga VS Avanza-Xenia, Pilih Mana Ayo?



Suzuki Ertiga memang menyedot perhatian tersendiri di dalam negeri. Gemuknya pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) membuat Ertiga diprediksi akan sukses mengekor prestasi APV yang mampu mengerek nama Suzuki di Tanah Air.
Namun bicara pasar MPV, tentu tak bisa melupakan duet indah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Beberapa merek coba menggoyang pamor duo kembar MPV tersebut, seperti Nissan dengan Grand Livina dan Suzuki sendiri dengan APV. Tapi tetap saja keduanya masih harus bertepuk sebelah tangan dengan Avanza-Xenia.

Lantas bagaimana potensi Suzuki Ertiga menghadapi Avanza-Xenia? Sejumlah teknologi baru pun coba dijejalkan dengan tetap mempertimbangkan harga jual yang bisa masuk ke kantong masyarakat Indonesia.
Berikut sedikit komparasi ala BosMobil antara Suzuki Ertiga vs Avanza-Xenia bagi Anda yang tengah berminat memboyong sebuah mobil keluarga dengan harga dibawah Rp.200 juta.

Dimensi
Ertiga punya bodi berukuran 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm, sementara Avanza-Xenia 4.140 mm x 1.660 mm x 1.695 mm. Artinya Suzuki Ertiga lebih panjang dari Avanza-Xenia tapi tingginya lebih rendah dari Avanza-Xenia.
Guna menciptakan kabin yang lapang, Suzuki membentuk Ertiga dengan jarak sumbu roda 2.740 mm atau lebih panjang dari wheelbase Avanza-Xenia yang cuma 2.655 mm. Ertiga sebenarnya diambil dari basis platform Suzuki Swift, hanya saja wheelbase Swift 2.380 mm.
Maruti Suzuki menyebut Ertiga sebagai compact MPV. Ini karena ukurannya yang kompak tapi tetap mampu menampung 7 penumpang di dalamnya dengan mekanisme jok 3 baris. Yang unik, nama Ertiga menggunakan bahasa Indonesia. Ertiga terdiri atas dua kata, yakni "Er" (huruf: R) yang berarti row atau baris dan "tiga" yang berarti angka 3. Jadi Ertiga merupakan mobil 3 baris. Tentunya tiga baris disini mengacu pada baris tempat duduk di dalam kabin.

Mesin
Dari generasi ke generasi mungkin tidak banyak perubahan yang dilakukan Toyota serta Daihatsu terhadap Avanza-Xenia. Guna menandingi jeroan duo MPV terlaris itu yang sudah cukup terbukti kemampuan dan daya tahannya, Suzuki turut mempersenjatai Ertiga dengan mesin K14 1.4-liter berteknologi Variable-Valve Timing (VVT). Pihak pabrikan mengklaim, Ertiga memiliki tenaga hingga 96 hp pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 127 Nm di 4.000 rpm.
Sementara itu All New Avanza, varian tipe 1.3 G manual bermodal mesin 1.3-liter DOHC VVT-i berdaya 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 116,7 Nm di 4.400 rpm. All New Xenia pun serupa, tipe X dan R bertransmisi manual menyimpan tenaga 92 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 116,7 Nm pada 4.400 rpm dari mesin K3-V3 DOHC VVT-i 1.298cc 4 silinder.

Dilihat dari besarnya kapasitas silinder, Ertiga unggul dari Avanza-Xenia, dengan demikian keluaran tenaganya pun pasti lebih tinggi dari dua MPV tersebut. Mesin K-Series yang digunakan pada Ertiga juga jangan dianggap remeh. Jika Toyota dan Daihatsu selalu menggunggulkan konsumsi bahan bakar yang minim dari Avanza-Xenia, maka mesin K14 pada Ertiga bisa jadi akan setara atau bahkan jauh lebih baik. Ini mengingat mesin K-Series pada Karimun Estilo dan Splash juga terbukti sangat irit. Maruti Suzuki mencatat, Ertiga memiliki konsumsi BBM 16,02 Km/Liter. Sementara Avanza-Xenia hanya diklaim 12,6 km/liter. So ... Bagaimana, lebih irit Ertiga bukan?!
Fitur
Bicara fitur unggulan, Avanza-Xenia cukup lengkap. Mulai dari Multi Information Display (MID), tilt steering, audio switch steering, head unit CD/MP3 player, AC double blower, electric power windows, electric outer mirror, sliding seat untuk jok baris kedua, hingga parking sensor.

Sayangnya belum ada spesifikasi detil dari SIS perihal fitur Suzuki Ertiga. Namun dari penampakan foto-foto saat MPV ini dipajang di Delhi Auto Expo 2012, terlihat Ertiga juga sudah menggunakan audio system CD/MP3 player. Audio Switch steering juga sudah ada, pun demikian dengan AC double blower. Jadi dengan banderol yang katanya ada di rentang Rp.130 juta hingga Rp.160 juta, rasanya fitur Ertiga tak akan terlalu mengecewakan.
Jadi, mana pilihan Anda?

Teks/Edit/Foto: www

Selasa, 17 April 2012

Splash: ‘Go Onwards’

Dengan adanya fitur-fitur yang menarik, maka Splash hadir sebagai kendaraan yang fun to drive, use and own (menyenangkan untuk dikendarai, digunakan dan dimiliki). Splash memiliki karakter desain mobil Eropa yang stylish, modern dan elegan. Bodinya kompak sehingga parkir menjadi lebih mudah dan melaju di jalan raya jadi lebih menyenangkan.






Splash: ‘Go Onwards’
Splash merupakan produk mobil Suzuki berjenis Mini MPV yang pertama dipasarkan di Indonesia. Mobil ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga muda atau pasangan muda yang stylish, energik, dan memliki karakter selalu melangkah maju ke depan atau Go Onwards !
Mobil ini merupakan perpaduan antara MPV dan City Car yang memiliki ruang kabin dan bagasi luas serta lincah untuk dikemudikan karena didukung dengan mesin/engine seri K12M dan 1.200 cc yang lincah, irit, dan powerful dan ramah lingkungan/ memenuhi standar Euro 4.
Dibagian eksterior, keunikan desain terlihat dari desain tail lamp yang stylish pada bagian belakang bodi. Desain lekukan tail lamp memanjang vertikal di kedua sisi dan menyatu dengan bodi, menimbulkan kesan yang mewah. 


Untuk desain lampu bagian depan terdapat lampu kristal yang besar dan stylish dilengkapi multireflektor dan 5-leveling adjuster, memberi kesan sebagai kendaraan berkelas yang mewah dan elegan. 5-leveling adjuster terdapat disebelah kanan pengemudi dan mudah dijangkau dan berfungsi mengatur fokus penyinaran untuk keselamatan dan kenyamanan ekstra pengendaranya dimana fitur ini tidak dimiliki oleh produk sekelasnya.


Suasana elegan, stylish dan sporty juga bisa dilihat dari bagian interiornya. Panel instrumen dirancang dengan bentuk yang eksklusif. Center garnish terlihat stylish dan sporty, melalui perpaduan warna hitam dan perak serta dilengkapi dengan tachometer yang diletakkan di atas dasbor dan speedometer yang didesain dengan petunjuk bahan bakar model digital (fuel bar) ini terkesan lebih sporty. Gear shift dibuat menyatu dengan center console, sehingga menambah kesan modern dan elegan pada keseluruhan interior depan.
Ruang kabin Splash dirancang lapang di bagian head room dan leg room terutama di bagian belakang sehingga penumpang bisa merasakan kenyamanan berkendara. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini memliki ruang bagasi yang lega dan kursi belakang dapat dilipat sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan. 
Head unit menggunakan audio system yang dilengkapi CD player yang bisa memutar MP3, USB connection serta sistem aux-in yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod - sebuah fitur yang saat ini baru terdapat pada kendaraan setingkat di atasnya, tapi konsumen mini MPV bisa menikmatinya di mobil Splash.
Splash menggunakan mesin generasi terbaru K12M berbahan aluminium yang ringan, dan bertenaga. Konfigurasi mesinnya adalah 4 silinder segaris, 1.200 cc, DOHC, 16 katup. Didukung pasokan bahan bakar injeksi, tenaga maksimum 85 PS/ 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm/ 4.500 rpm.
Mesin mobil ini menggunakan Drive-By-Wire Technology sehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat dan responsif karena adanya sistem sensor ECM (Electronics Control Module) maka keseluruhan kinerja mesin dan pengaturan bukaan katup dari pedal gas tidak lagi menggunakan kabel gas. Tenaga yang dihasilkan pun menjadi optimal, bahan bakar lebih hemat dan emisi CO2 yang rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan atau eco-friendly.
Splash dirancang dengan tingkat keamanan tinggi, melalui penggunaan kerangka TESS Body (Total Effective Strength Structure), yang melindungi penumpang dari benturan samping dan memberikan standar keamanan yang lebih baik. Splash dirancang dengan kaca depan yang lebar, selain ergonomis, juga memberikan kenyamanan dan sudut pandang yang leluasa bagi pengendara.
Splash juga dibekali childproof door lock. Peranti ini memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak. Penggunaannya pun mudah. Cukup menggeser tombol dari free ke lock, pintu hanya bisa dibuka dari luar, sehingga aman bagi anak-anak yang duduk di dalam kendaraan yang sedang melaju. 
Untuk faktor keamanan, Splash dilengkapi Immobilizer dan alarm, sebuah sistem yang mampu mencegah terjadinya pencurian. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan.

Selasa, 10 April 2012

Ini Dia Spesifikasi Lengkap Suzuki Ertiga




Jakarta,  - Bagi Anda yang penasaran dengan Suzuki Ertiga, diam-diam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah berani membeberkannya.

Melalui jaringan dealernya di Jabodetabek, Agen Pemegang Merek (APM) mobil suzuki itu sudah mengeluarkan brosur resmi dari MPV 7-seater tersebut.

Suzuki Ertiga dibekali mesin bensin K14 berkapasitas 1.4-liter. Mesin K-Series ini mampu menghasilkan daya 90 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga sebesar itu dirasa cukup untuk menopang body Ertiga yang memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm serta jarak sumbu roda 2.740 mm.


Hadir dengan varian GA, GL, dan GX, Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan fitur tilt steering, keyless entry, central lock, audio steering switch, dan audio system Indash 2DIN CD/MP3 dengan koneksi USB. Khusus tipe teratas, yakni GX, telah diperkuat pula dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS).
Dapat dipesan sekarang dengan uang tanda jadi mulai dari Rp.5 juta, Anda bisa memilih Suzuki Ertiga dengan warna Dusky Brown, Serene Blue, Radiant Red, Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Burgundy, atau Black.




Berikut spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga:


- Mesin: Bensin K14 1.4-liter (1.372 cc)
- Daya: 95 PS/6.000 RPM dan 130 Nm/4.000 RPM
- Kapasitas: 7 orang
- Panjang: 4.265 mm
- Lebar: 1695 mm
- Tinggi: 1685 mm
- Wheelbase: 2740 mm.
- Tilt steering
- Keyless entry 
- Audio steering switch 
- 2DIN Audio system CD MP3 USB
- ABS (Type GX)


Teks/Foto: /www

Suzuki SX4 X-EC Special Edition


Suzuki mengeluarkan varian terbaru mereka di Inggris yaitu Suzuki SX4 terbaru yang merupakan edisi spesial dari SX4. Varian yang dijuluki Suzuki SX4 X-EC ini merupakan varian terbaru pada kelas SZ4 dan akan dijual dengan harga £ 13.430 atau sekitar Rp.183 juta.

Suzuki SX4 X-EC Special Edition ini ditawarkan dalam 3 warna yang menarik untuk konsumen yaitu Galactic Grey, Cosmic Black Pearl dan Cool White Pearl. Sementara itu, mobil edisi khusus ini hanya ditawarkan varian 2 penggerak roda dengan mesin berkapasitas 1600cc dengan transmisi manual. Fitur Variable Valve Timing dengan Variable Intake System ditambahkan pada mesin ini yang mengakibatkan mesin lebih responsive, terbukti mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 10,7 detik.

Suzuki menawarkan berbagai fitur standar pada SX4 X-EC seperti colour satellite navigation system dengan Bluetooth connectivity, USB Port, velg dengan desain yang unik, spion elektrik dilengkapi dengan lampu sein, kaca belakang terbaru, dan jok dengan desain terbaru.

"SX4 merupakan hatchback 5 pintu yang memadukan karakteristik sporty compacts seperti pada Suzuki Swift, dan SUV dengan berat yang ringan seperti Suzuki Grand Vitara yang bertujuan untuk menciptakan sebuah alternatif mobil menarik yang berukuran kecil," jelas Suzuki dalam pernyataan untuk pers.


Teks/edit/gambar : www

Tandingi Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga Pakai Mesin Bensin & Diesel


 


Maruti Suzuki India Ltd (MSIL) benar-benar sudah menebar perang di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan Ertiga.

Ertiga merupakan versi produksi dari RIII MUV Concept yang sempat diperkenalkan Maruti dua tahun lalu. Dan kini versi terakhir dari Ertiga yang akan dilempar ke pasaran bakal muncul di New Delhi Auto Expo, Januari 2012.
"Ketika pasar menjadi makin kompetitif, kita harus bersiap dengan dinamika baru. Kami akan tawarkan SUV, MPV dan MUV baru yang menandakan kita siap untuk masa baru itu," ujar Managing Executive Officer MSIL Mayank Pareek.

Ia menambahkan pengembangan compact MPV Ertiga akan membuka segmen baru di India dan bisa menumbuhkan pasar otomotif yang signifikan di negara tersebut.
Maruti akan memperkenalkan Ertiga dalam mesin "K-Series" K14 1.4-liter bensin dengan daya 95 PS bertorsi 130 Nm. Pilihan mesin dieselnya juga ada dalam bentuk 1.3-liter DDiS variable geometry turbo. Mesin berbahan bakar solar itu sanggup menghasilkan daya 90 PS dengan torsi puncak 200 Nm.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia sempat menyebutkan jika Ertiga masuk dalam daftar produk baru yang tengah disiapkan kehadirannya. Jika muncul di dalam negeri, maka Ertiga akan menjadi pesaing serius duet kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia.

Teks/Foto: /www

Suzuki Pastikan Produksi Maruti R3 2012

Akhirnya konsep Maruti Suzuki R3 yang telah lama dinanti akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Konsep Maruti Suzuki R3 merupakan konsep kendaraan pertama yang didesign dan dibuat oleh designer mobil Jepang yang menjadi cabang di India. Konsepnya sendiri terdiri dari 7 seater, diperlihatkan pertama kali di Delhi Motor Show pada Januari 2010 silam dan resmi akan diluncurkan di India awal 2012 mendatang.



Mobil yang tergolong dalam kelas MPV 5 pintu ini terdiri dari 3 deret bangku konfensional dan memang sudah dipersiapkan untuk menjadi merek no.1 di pasar domestik India sendiri. Seperti yang dilansir oleh GoAutoarticle, perusahaan memutuskan untuk memberikan peranan penting seri ini di pasar global, tentunya setelah di-upgrade sesuai dengan standar keamanan internasional dan emisi standar selama setahun bahkan lebih sehingga bisa segera meluncur di India.

Regulasi keamanan kendaraan di setiap negara pastinya berbeda-beda, dan untuk mengantisipasi standar keamanan di Australia, Maruti menggunakan bahan baja kualitas tinggi, parseneling yang lebih aman, termasuk kantong udara, kontrol stabilitas elektronik dan mesin. Rajesh Sigh, General Manager pasar global Maruti Suzuki sendiri mengakui bahwa”standar Euro 4 emisi yang diberlakukan oleh Australia terlalu tinggi dibandingkan negara lainnya,” ucapnya.

Sigh juga menambahkan bahwa design dasar dari Maruti harus sesuai pasar Australia barulah India, walaupun pada nantinya akan menambah biaya karena harus merombak sesuai dengan versi yang diinginkan oleh India.

Produksi R3 ini dilengkapi dengan 2 pilihan tenaga, 1,2 liter berbahan bakar petrol atau 1,3 liter berbahan bakar turbo diesel, pastinya keduanya akan menambah kecepatan berkendara. Dan untuk pasar India hanya akan menggunakan transmisi manual tetapi bisa dipastikan versi otomatisnya akan menyusul untuk menyambut pasar global nantinya.

Teks/edit/foto: */www

Suzuki Estilo Akan Dipasangi Mesin Diesel



Pergeseran mesin bensin ke diesel mulai dilirik produsen city car asal India, Maruti Suzuki India Ltd (MSIL).

Maruti yang merupakan produsen mobil Suzuki di Negeri Taj Mahal itu tengah mempertimbangkan untuk menghadirkan versi mesin 3 silinder 1.300cc multijet diesel untuk mobil-mobil mungil seperti Wagon R, Alto, maupun Estilo, sebagaimana yang sudah mereka terapkan pada Swift.
Bersumber dari mesin Fiat yang diproduki di pabrik Ranjangaon, dekat Pune, India, mesin diesel ini diperkirakan memiliki daya maksimum 60 PS dengan torsi puncak 150 Nm. Kemampuan itu dirasa sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan konsumen akan kendaraan perkotaan.

"Saat ini kami memiliki mesin diesel 1.3-liter, tapi Fiat mengerjakan mesin diesel 1.000cc. Kami tidak tahu akan pakai yang mana, tapi pasti mobil kecil kami akan mendapatkan mesin baru itu," papar Pimpinan Maruti Suzuki RC Bhargava.
Ia mengungkapkan mesin baru tersebut diprediksi akan siap satu tahun lagi dan menyaingi city cari lain bermesin diesel seperti Chevrolet Beat diesel yang juga baru diperkenalkan di India. Harganya pun diharapkan bisa sangat kompetitif guna menggeser selera konsumen pengguna mobil bensin untuk beralih ke mesin diesel.

Rabu, 04 April 2012

Inikah Calon Suzuki Jimny Generasi Mendatang?



Anda masih ingat dengan Suzuki Jimny? Ya, salah satu varian mini SUV jebolan Suzuki ini telah ada sejak tahun 1970, dan telah dipasarkan ke segala penjuru dunia. Namun rumor yang dulu sempat beredar menyatakan bahwa mobil ini sudah tidak akan diproduksi lagi. Namun rupanya dugaan itu salah besar. Kok bisa?



Wajar saja jika kini pihak Suzuki berencana untuk kembali memproduksi Suzuky Jimny generasi terbaru, mengingat bertahun-tahun yang lalu, kei car berdarah Jepang ini sangat diminati di Tanah Air dan di negara-negara Amerika Utara, yang kala itu lebih dikenal dengan sebutan Suzuki Samurai.
Bahkan belum lama ini berhasil diperoleh informasi bahwa pabrikan asal Negeri Matahari Terbit itu telah memamerkan foto-foto teaser dari sebuah mobil konsep terbaru mereka, yang konon diduga sebagai calon Suzuki Jimny generasi masa depan dan akan dipertontonkan di Delhi Auto Expo selanjutnya.

Menurut pihak Suzuki, Jimny generasi terbaru ini nantinya akan mengusung mesin dan beberapa komponen milik saudaranya, Suzuki Swift, demi menekan biaya produksi. Dengan begitu, harga jual Suzuki Swift masa depan ini bisa lebih murah.
Sip deh, kita tunggu saja realisasinya nanti. Selamat menikmati...!

Suzuki Swift Sport



Tepat 20 Februari kemarin, Suzuki Australia resmi mengeluarkan varian hatchback terbarunya dari generasi Swift yang di beri nama Suzuki Swift Sport 2012.



Sekilas bila melihat dari tampangnya memang tak terlalu banyak perbedaan dari generasi Swift sebelumnya, namun menurut pihak Suzuki, Swift Sport lebih unggul dalam soal tenaga, torsi, handling yang jauh lebih baik, konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dan juga sisi keselamtan yang lebih baik.

Mesin M16A berkapasitas 1.6 L yang berkolaborasi dengan dua pilihan transmisi 6 percepatan manual dan CVT ini diklaim mampu mendongkrak tenaga Swift Sport hingga menyentuh 134 Hp pada 6.900 rpm dan torsi maksimum hingga 160 Nm pada 4.400 rpm.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya, transmisi manual Swift Sport ini mampun mencatat angka 6.5L/100km, sedangkan versi CVTnya mencapai 6.1L.100 km. Sedangkan untuk menempuh titik 0-100 Swift Sport hanya membutuhkan waktu 8.1 detik saja. 

Bila dicermati, tampang Swift Sport 2012 ini memang terlihat jauh lebih agresif dengan adanya jubah bodikit baru, pelek alloy 17", bi-xenon headlamps, dan beberapa perubahan lainya baik di eksterior maupun interior. 


Pihak Suzuki negeri Kangurumelepas Swift Sport 2012 ini dengan kisaran harga $23,990 untuk varian manualnya atau bila dicarikan dalam rupiah seharga Rp 229 jutaan, sedangkan untuk varian CVT alias otomatisnya di bandrol $25,990 atau Rp 248 jutaan. 

Girly Pinky On The Road - Suzuki Swift ST-AT B-Community Bandung



Mungkin bisa dibilang rata-rata pengguna mobil hatchback Suzuki Swift ini konon dikendarai oleh kaum adam dan sangat jarang menemui kaum hawa yang berkendara dengan menggunakan mobil ini, apalagi yang telah dimodifikasi. Namun bila Anda berkunjung ke Bandung, mungkin Anda akan cukup sering melihat sebuah Suzuki Swift modifikasi yang bertemakan elegan soft girly dikendarai oleh seorang cewek pastinya berseliweran di dijalan.


Anggie Pratiwi, cewek yang berdomisili di Bandung ini merupakan pemilik dari Suzuki Swift lansiran 2009 yang telah dipermak alias dimodifikasi beraurakan warna pink dengan konsep elegan. Awal mulanya ia yang tergabung dengan sebuah komunitas mobil B-Community Bandung ini memang sudah tertarik dengan dunia modifikasi, akibat dari seringnya ia kongkow bareng dengan rekan-rekan komunitasnya yang rata-rata mobilnya sudah terkena imbas modifikasi juga, akhirnya ia pun terinfeksi virus inspirasi mobil-mobil modifikasi tersebut. Alhasil, segeralah ia tuangkan inspirasinya itu ke dalam sebuah hatchback keluaran Suzuki yang dimilikinya



“Konsep siih .. pengen yang elegan aja, namun tetep ada unsur girly yang ngepink-ngepink gitu,” ujarnya. Oleh karena itu garapan mobilnya pun bisa dibilang cukup sesuai dengan keingginanya, terlebih dalam memodifikasi si Swiftnya ini pun ia turut di dukung oleh orang tua dan juga pacaranya, naah lhoo .. jangan sampe pada iri yaah … hehe..

Garapan utama ada disektor eksterior, untuk menemukan konsep elegan yang diinginkan sudah pasti harus ada instalasi bodi kit yang harus disematkan, oleh karena itu ia pun menyematkan beberapa custom bodi mulai dari bodi kit, bumper depan-belakang, gril, side visior dan juga side skirtnya. Tak lupa uanutk headlamp ia gunakan cahaya dari autovision Hi-Low 8000k yang disertai dengan pemasangan custom foglamp dan juga double muffler keluaran Remus. Tak lupa juga penyematan pelek berdimensi 18“ keluaran HRE yang dipadukan dengan ban Achilles 225/35 yang membuat mobilnya sedikit tampak merebah.
Selesai dengan garapan tampilan luarnya giliran bagian dalam yang digrilya. Layaknya tema utama yang ingin dimiliki Anggie pada kendaraanya, tak salah pabila ia menjejali seluruh perangkat interiornya dengan lapisan Full MB-Tech Camaro Fiesta Pink dengan model ala Garson mulai dari, jok depan belakangnya, door trim, plafon, stier hingga bagian dasbornya. Sedangkan untuk panel inikatornya masih menggunakan bawaan standar Swift namun untuk kaca film ia menyematkan lapisan dari V-Kool beraurakan silver sebesar 60%. Bukan sampai disitu saja sentuhan yang diberikan oleh Anggie, sebagai aksesoris pendukung aura girlynya ia juga memberikan pernik lainya seperti manic-manic pink glamour dan juga accessories si kucing imut, Hello Kity.

Konsep elegan tanpa adanya dukungan perangkat car entertainment sepertinya cukup hambar. Maka dari itu segerah lah ia beranjak ke sebuah audio workshop Radius di kawasan Wastukencana, Bandung, untuk memasangkan instalasi audio besrta car entertainmentnya pada mobil ini. Headunit standar telah dikelaurkan dan diganti dengan menggunakan Pioneer AVH 3150 DSD, sistem pengolahan suara dikeluarkan melalui speaker bermerk Rogers Split 6” di bagian depan dan Rogers Cooxcial 6” di belakang. Sedangkan subwoofer menggunakan Consonance 10” sebanyak 2 unit yang kemudian di padu dengan power amplifier Channel Harmonic Drive HDT 85, Capbank Intersys 2,0 Farad, kabel speaker Venom dan peredam Visel. Untuk menambah suasan entertainment maka ia turut memasangkan layar mini headrest M-Tech 7” dan juga LCD liliput 7”. Selain bertemakan girly dijamin pasti bakalan nyaman di dalamnya dengan tambahan perangkat hiburan tersebut …

“Kalau urusan mesin belum mau dirubah-rubah, lebih enak standar kayanya,” ucap Anggie yang juga telah banyak mendapatkan penghargaan di beragam ajang kontes modifikasi di Bandung seperti, The Best lady Owner 2nd Anniversary Essence Auto Contest, Lady Owner LAAS Auto Contest 2010, Hottest Car Theme Auto Modiefied International Auto Contest 2010 dan juga The Best Custom Body Kit.

Woow…lumayan berprestasi bukan. apalagi menjelang Valentine day yang sedikit lagi berlangsung…dijamin makin lengket tuuh ama pasangan…hehehe…Berikutnya kira-kira cewek fungky mana lagi yaah yang memodifikasi mobilnya … kita tunggu aja deeh .

Data&fakta :
Ekterior : bodi kit custom, bemper depan&belakang, gril, side visor dan side skirt Custom. Headlamp Autovision Hi-Low 8000k. Fog lamp Yellow Autovision. Muffler Double Remus. Interior : Full MB-Tech Camaro Fiesta Pink with Garson Model. Kaca Film V-Kool Silver 60%. Stier MB-Tech Camaro Fiesta Pink. Audio : Headunit Pioneer AVH 3150 DSD. Speaker depan Rogers Split 6” – belakang Rogers Cooxcial 6”, Subwoofer Consonance 10”x2”. Power Amplifier Channel Harmonic Drive HDT 85. Capasitor Bank Intersys 2,0 Farad. Kabel Speaker Venom. Peredam Visel. Monitor Headrest M-Tech 7”, LCD Liliput 7”. Kosmetik tambahan Acrilic, LED Super Pink. Kaki-kaki : HRE 18”, ban Achilles 225/35. Suspensi Cutom. Workshop : Libra Auto Zone, Radius Audio Workshop, BT9 Auto Salon – Bandung. 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting